Bahaya! Petya, Ransomeware Baru Pasca WannaCry

Petya, disebutkan para analis keamanan cyber, merupakan ransomware yang lebih berbahaya dibandingkan WannaCry. Ransomware jenis baru ini dideteksi perusahaan keamanan ESET sebagai Win32/Diskcoder.C. Jika Malware ini berhasil menginfeksi MBR, sangat dimungkinkan bahwa Petya akan mengenkripsi keseluruhan drive. 

Metode serangan Petya hampir sama dengan WannaCry tetapi ada perbedaan pada akibatnya. WannaCry hanya mengenkrip file tertentu, namun Petya mampu mengenkrip seluruh hardisk, lebih berbahaya dibanding WannaCry. Petya juga tidak seperti WannaCry yang hanya akan menyebar melalui LAN, dan tidak melalui internet. Hanya dibutuhkan satu komputer yang belum di patch untuk masuk ke dalam jaringan, ransomware bisa langsung mendapatkan hak administrator dan menyebar ke komputer lain dalam satu jam. 

Perlu kalian ketahui juga ternyata Indonesia ini termasuk dalam 10 besar negara yang menjadi sasaran perang siber. Bersumber dari Menkominfo, bahwa setiap hari di Indonesia terjadi lebih dari 10 juta serangan siber.

Berita baiknya, dalam jumpa pers yang digelar di Bakoel Koffie, Jakarta, Jumat (30/6/2017), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan bahwa serangan ini belum terjadi di Indonesia karena memang hingga saat ini mereka belum mendapatkan laporan penyerangan Petya di Indonesia. Diduga karena minggu ini masih merupakan hari libur dan banyak orang IT libur dan PC yang off.

Bagaimana tindakan pencegahan sebelum terinfeksi?

  1. Bila terjadi serangan (adanya peringatan yang muncul melalui layar monitor) adalah “mencabut” jaringan internet, baik itu LAN atau WiFi untuk sementara.
  2. Segera “matikan” komputer melalui tombol power. Dengan cara ini, ada kemungkinan file diselamatkan karena ransomware belum sempat mengenkripsi seluruh harddisk. 
  3. Terakhir, pastikan backup data secara terpisah.

Sebenarnya ada 4 hal yang harusnya selalu rutin untuk dilakukan :

  1. Backup Data
  2. Rajin download antivirus terbaru
  3. Selalu gunakan sistem operasi original dengan selalu update patch
  4. Selalu rutin ganti password

Pastikan untuk melakukan hal preventif seperti di atas dan terus pantau informasi terbaru dari Ransomeware baru Petya ini.

Sumber :

Medinfo

Medinfo

Mahasiswa IT angkatan 2000

E-Mail: medinfo.himit@gmail.com

Kirim Komentar