ENUMERATION, Megaproker Jurusan Teknik Informatika PENS 2017

Enumeration kini kembali meramaikan musim perlombaan teknologi dengan tema tahun ini yaitu “Smart City”. Konsep Enumeration yakni serangkaian acara yang akan dimulai pada bulan Mei esok dan berakhir pada November. Acaranya dibagi menjadi empat segmen, antara lain talkshow, workshop, lomba desain dan teknologi, hingga acara puncak yang merupakan closing party.

Setiap tahunnya, Enumeration selalu memiliki keterikatan tema dengan teknologi. Fokusannya diambil dari ide budaya dan teknologi yang tiap tahunnya selalu berubah dan berkembang. Di tahun ini, Enumeration melakukan pembaruan dari beberapa lomba yang telah diadakan pada tahun lalu dengan dasar antusiasme lomba yang sedang trend. Selanjutnya, pada acara talkshow akan diundang beberapa keynote speaker dari pihak pemerintah dan acara workshop akan mengundang banyak aktivis teknologi.

Talkshow di tahun ini memiliki nama “Jendela Informatika” dengan temanya yakni “Inspirasi Untuk Mengembangkan Smart City di Surabaya Dengan Konsep IoT”, merupakan opening dari seluruh rangkaian acara Enumeration akan diselenggarakan pada tanggal 21 Mei 2017. “IOT kini sedang berkembang pesat, digabungnya dengan konsep Smart City akan mempermudah segala kepentingan elemen masyarakat di Surabaya. Mulai dari sistem pendidikan, lalu lintas jalan, hingga hubungan pemerintah dengan masyarakat yang akan lebih real time,” ujar Dian selaku Koordinator Divisi Event.

“Talkshow kali ini juga akan mengulas lebih detail bagaimana IOT sebenarnya dan bagaimana jika IOT diterapkan dalam Smart City yang mana akan disampaikan oleh pakar IT Indonesia. Selain itu, dengan menghadirkan CEO Startup yang berbasis Smart City diharapkan bisa memberikan inspirasi bagi pemuda Surabaya utuk bisa mengembangkan ide-idenya demi menjadikan Surabaya lebih baik,”imbuhnya.

Acara selanjutnya yaitu workshop yang akan dilaksanakan pada Juli. Pelaksanaannya terbagi menjadi dua hari. Pada hari pertama workshop dilakukan pada tingkat dasar lalu berlanjut ke hari berikutnya untuk level advance. Pemateri dipanggil dari masing-masing komunitas di Jurusan Teknik Informatika PENS. Komunitas tersebut antara lain, Web Developer, GameKita, OSC, dan Advinity dengan masing-masing bidang fokusan teknologi.  

Masuk ke inti dari rangkaian acara Enumeration yakni lomba teknologi dengan tema “Surabaya Rise With Smart City”. Lomba teknologi ini dibagi menjadi tiga macam, diantaranya yaitu Olimpiade Logika (Olimpika) yang akan diselenggarakan untuk tingkat SMA/SMK sederajat. Application Development Contest (ADC) yang merupakan lomba pengembangan aplikasi teknologi dengan beberapa kategori yaitu mobile, web, dan game untuk tingkat Mahasiswa dan SMA/SMK. Dan yang terakhir adalah lomba Design Infographic (DIG) yang bertemakan smart city untuk tingkat SMA/SMK sederajat.

“Dengan diadakannya kegiatan Enumeration kali ini diharapkan peserta kegiatan Enumeration bisa mendapat pengetahuan lebih mengenai IoT terutama dibidang smart city dan menyebarkan awareness akan perkembangan smart city di Surabaya melalui serangkaian kegiatan Enumeration 2017 ini yang menggandeng beberapa keynote speaker yang ahli dibidangnya,” ujar Ahmadha selaku Penanggungjawab acara Enumeration tahun 2017 ini. (pen)

Medinfo

Medinfo

Mahasiswa IT angkatan 2000

E-Mail: medinfo.himit@gmail.com

Kirim Komentar