Job Interview Workshop IT PENS 2017

Selasa, 23 Mei 2017 lalu Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa HIMIT PENS mempersembahkan acara workshop khusus mahasiswa tingkat akhir Teknik Informatika dan Teknik Komputer PENS yakni acara Job Interview Workshop atau yang lebih dikenal dengan sebutan JIW. JIW diadakan rutinan setiap tahun dengan tujuan memberikan pembelajaran kepada mahasiswa tingkat akhir sebelum menghadapi dunia kerja.

Acara yang diselenggarakan di gedung D3 Theater PENS ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang peserta. Tidak hanya mahasiswa tingkat akhir dari jurusan Teknik Informatika PENS, mahasiswa tingkat akhir jurusan Teknik Komputer PENS pun turut berpartisipasi sebagai peserta. Acara dimulai pukul 08.00 WIB dibuka dengan sambutan dari Kepala Departemen Teknik Informatika dan Penanggung jawab acara, dilanjutkan dengan workshop yang diisi oleh Sandra Kumalasari yang merupakan Kepala dari HRBlibli.com.

Dalam workshop ini peserta diberikan penjelasan seputar dunia kerja mulai dari mengetahui dan menunjukkan kemampuan diri, pemahaman keinginan posisi dalam pekerjaan, pengenalan macam-macam pertanyaan interview dan berbagai macam bentuk Curriculum Vitae (CV).

Pada sesi materi mengenai interview, peserta diberikan tips dan trik untuk menjawab pertanyaan menggunakan metode Simulation Tasks Action Result (STAR). Peserta tak hanya menerima materi saja, melainkan juga mendapatkan simulasi dari metode STAR ini. Selain itu, pada materi Curriculum Vitae terdapat contoh-contoh CV yang menarik. Faktanya, kini CV tidak monoton hanya menggunakan kertas, CV juga bisa dibuat dalam bentuk video untuk menambah daya tarik dan keunikan diri.

Penyampaian materi yang menarik membuat peserta lebih antusias dalam acara ini. Dapat dilihat dari banyaknya peserta yang mengajukan beberapa pertanyaan-pertanyaan secara langsung kepada pemateri. Tak hanya itu, peserta juga aktif melakukan simulasi materi. Dengan diselenggarakannya acara ini, peserta diharapkan bisa mengimplementasikan apa yang telah didapat dari acara ini agar materi yang telah disampaikan bermanfaat bagi peserta kedepannya.

“Semoga acara JIW dapat diselenggarakan setiap tahunnya dengan mendatangkan lebih banyak peserta lagi dan dapat diperuntukkan semua angkatan. Selanjutnya output dari mengikuti acara ini dapat dimanfaatkan dan diimplemntasikan dengan sebaik-baiknya,” ujar Auliya Anggraini selaku penanggungjawab acara JIW. (net/pen)

Medinfo

Medinfo

Mahasiswa IT angkatan 2000

E-Mail: medinfo.himit@gmail.com

Komentar

Kirim Komentar