PENS Ventura Raih Juara 1 pada Lomba Tingkat Nasional UNITY 2017

Prestasi sekali lagi kembali diraih oleh mahasiswa PENS, kini tim PENS Ventura yang beranggotakan Dicky Nur Laili (Teknik Informatika), Fiannurdin (Teknik Komputer), dan Agung Pambudi (Teknik Komputer) telah berhasil membawa pulang  juara di ajang UNITY 2017 kategori Mobile Apps Competition pada 6 Mei lalu.

Tidak tanggung-tanggung, tim PENS Ventura yang membawa produk mereka bernama Autrom V2, sukses mengantarkan mereka hingga lolos ke tahap final mengalahkan 500 peserta lainnya menjadi Juara 1. Autrom V2 adalah produk berbasis bisnis dan retail yang menggunakan platform mobile. Produk ini dibuat dengan tujuan memudahkan para pelaku transaksi ekonomi baik penjual maupun konsumen. Konsumen pun dengan mudah berbelanja dengan melihat daftar barang yang tersedia, promo harga, hingga metode pembayarannya cukup dengan melalui smartphone.

“Dengan banyaknya konsumen yang berbelanja di supermarket, kebanyakan dari mereka mengeluh dengan antrian saat berada di kasir dan informasi produk yang terkadang tidak sesuai. Nah, dari situ kami berfikir bagaimana caranya agar pembeli dapat belanja dengan nyaman dan cepat. Kemudian muncullah ide untuk membuat aplikasi ini,” ujar Dicky Nur Laili (IT 2015) mengenai ide dasar pembuatan produk ini.

PENS Ventura yang mengambil ide dari keluhan antrian kasir ini tidak hanya diimplementasikan pada smartphone milik konsumen tetapi juga digunakan pada mesin kasir supermarket. Dengan begitu keuntungan bisa didapatkan oleh kedua pihak. Konsumen lebih cepat dalam melakukan pembayaran, dan perusahaan supermarket bisa menganalisa produk terjual yang sudah tersimpan di aplikasi.

UNITY 2017 sendiri merupakan acara perlombaan IT tingkat Nasional yang bertemakan “Nation Character Building in Digital Era”, dipersembahkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Rekayasa Teknologi Universitas Negeri Yogyakarta dalam serangkain kegiatan UNYFEST Dies Natalis UNY ke-53. Sangat diharapkan bahwa banyaknya event lomba seperti ini akan mampu menjadi semangat para developer pelajar untuk terus memajukan teknologi bangsa. (pen)

Medinfo

Medinfo

Mahasiswa IT angkatan 2000

E-Mail: medinfo.himit@gmail.com

Kirim Komentar