Seminar Public Speaking : Ngguyu Oleh Ilmu

Halo guys! masih ingat nggak dengan slogan “Ngguyu Oleh Ilmu”? Bagi kalian yang kemarin ikut acaranya pasti tau. Yap! itu merupakan slogan yang dibuat Adri Suyanto, S.H. dalam acara seminar public speaking yang diadakan oleh Departemen Luar Negeri HIMIT PENS. Bagi kalian yang kemarin ndak sempat mengikuti jangan khawatir guys! Simak aja artikel yang satu ini.

Betepatan pada hari Minggu, 7 Mei 2017 Departemen Luar Negeri HIMIT Politeknik Elektronika Negeri Surabaya sukses menyelenggarakan acara seminar public speaking. Acara yang bertema “Defeat the nervousness increase and make your communication skill better”   diselenggarakan di gedung Teater PENS dengan pemateri Adri Suyanto, S.H. Beliau merupakan alumni mahasiswa Universitas Airlangga yang sekarang menekuni dunia trainer dan public speaker.

Dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jurusan baik itu yang berasal dari PENS atau luar PENS, seminar ini dirasa sangat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa untuk mempelajari bagaimana menggunakan metode public speaking yang benar. “Kita sebagai mahasiswa harus punya kemampuan yakni dibidang hard skill dan soft skill, public speaking disini sejalan dengan agent of change yang dimana itu salah satu peran fungsi mahasiswa. Jadi, dengan kemampuan public speaking mereka bisa menyampaikan ide brillian dengan mudah,” ungkap Faurisma selaku penanggungjawab acara saat diwawancari tim jurnalis Media dan Informasi HIMIT seputar alasan berlangsungnya acara ini.

Bukan hanya teori saja, tapi di seminar ini juga diadakan simulasi mengenai public speaking yang langsung dicoba oleh beberapa peserta. Menurut Tania, salah satu peserta seminar, poin penting supaya orang lain paham apa yang kamu mau, kamu harus paham dan bisa menyampaikan dengan cara yang benar. “Dari seminar ini kita jadi lebih paham oo ternyata harus begini, dan semua itu ada metodenya,” ujarnya.

Intinya, public speaking itu penting dan merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa, dengan public speaking kalian bisa mengungkapkan ide kepada orang banyak dengan efektif dan respektif. Selain itu public speaking juga bisa mendukung jiwa leadership dan menumbuhkan rasa kepercayaan diri, manfaat lain yang lebih luas pun bisa diperoleh. Jadi jika kalian ingin menjadi public speaker yang handal tentu saja harus sering latihan dan berani untuk mencoba. So, jangan ragu untuk mencoba ya, guys!

Andri juga membenarkan bahwa training public speaking itu nggak cukup sehari, karena proses belajar itu membutuhkan waktu yang lama dan proses latihan juga harus sering dilakukan. “Jika diluar diberi kesempatan untuk tampil ya ambil aja kesempatan itu, biar ilmunya nambah dan tau praktiknya itu seperti apa agar proses belajarnya semakin baik juga,” ujarnya.

Diharapkan setelah acara ini peserta bisa tau apa sebenarnya public speaking itu. Bisa mengetahui juga teknik-teknik public speaking yang benar dan sanggup mengimplementasikan ilmu yang telah diberikan oleh pemateri. (tra/pen)

Medinfo

Medinfo

Mahasiswa IT angkatan 2000

E-Mail: medinfo.himit@gmail.com

Kirim Komentar