Workshop Version Control System HIMIT

Himpunan mahasiswa Teknik Informatika telah sukses menyelenggarakan workshop Version Control System (VCS) pada hari Minggu, 20 Maret 2017  di Lab Database Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dengan pemateri Muhammad Alfiyan Syamsudin alumni mahasiswa Teknik Informatika yang dulu pernah mendapatkan beasiswa student exchange ke Jepang dan sekarang menjadi salah satu pengurus ”Mata Garuda”. Tema dari workshop kali ini adalah “Build Your Project Team With Git Version”.

Selain diikuti oleh mahasiswa PENS, workshop ini juga dikuti oleh 18 peserta dari beberapa universitas seperti UNESA, ITS, hingga peserta yang datang langsung dari Pasuruan (3 orang).

Workshop VCS kali ini lebih menekankan pada bagaimana teknologi dalam menggunakan version control system. Harapannya setelah mengikuti workhsop ini peserta mampu menerapkan ilmu yang telah diberikan, baik itu dalam dunia perkuliahan ataupun dalam dunia kerja.

VCS itu gunanya untuk menjaga semua source code yang kita ganti bisa terecord. Nah, ini memudahkan kalau misalkan teman-teman kita ingin membantu kita dalam sebuah project karena itu bisa digabungkan. Itu gunanya VCS,ujar Fahmi R. Kurniawan selaku penanggung jawab dari kegiatan workhsop VCS. 

Sebagai penanggung jawab, Fahmi juga memberikan penjelasan kenapa workshop ini perlu diadakan. Sudah tak asing lagi kalau Politeknik itu berbeda dengan Universitas. Di Politeknik lebih banyak praktik dibandingkan dengan Universitas. Menurutnya, penerapan praktik di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sudah baik, hanya saja bidang softskill-nya sendiri yang masih perlu ditingkatkan misalnya untuk bekerja secara kelompok. VCS ini akan membantu kita untuk saling berkolaborasi membuat suatu proyek yang besar.

Saya sangat mendukung acara ini, dan semoga untuk kedepannya acara ini semakin lebih baik, fasilitasnya ditambah dan harapan saya kepada seluruh peserta adalah semoga bisa mengimplementasikan ilmu yang telah diberikan sehingga dapat  bermanfaat dalam dunia perkuliahan dan dunia kerja, ujar M. Alfian Syamsudin selaku pemateri hari itu. (tra/pen/rat)

Medinfo

Medinfo

Mahasiswa IT angkatan 2000

E-Mail: medinfo.himit@gmail.com

Kirim Komentar