Pen Ajaib Pendeteksi Kanker

Pen Ajaib Pendeteksi Kanker

Tahukah kalian ?

Bahwa terdapat penemuan baru dibidang kesehatan ??

 

Seorang asisten professor bernama Jialing Zihang dan timnya dari departemen Kimia, University of Texas, Austin yang menerbitkan sebuah karya revolusi dalam sains jurnal penelitian kedokteran translasi pada 6 September 2017. Mereka mampu mengembangkan pena kecil sekali pakai yang bisa mengidentifikasi kanker hanya dalam tempo 10 detik. . “Ini 150 kali lebih cepat dari teknologi yang ada saat ini”, dikutip dari UT News. Dan para peneliti itu mengatakan bahwa akurasinya mencapai 96 persen. Sebenarnya, pekerjaan mereka bisa dibilang sepenuhnya bisa membasmi kanker dari akarnya. Penelitian itu terdiri terdiri dari melakukan analisis jaringan non-destruktif di luar tubuh dan mendiagnosis karsinoma dalam sel-sel hidup. Ahli onkologi modern dan ilmuwan selalu menghadapi tantangan yang luar biasa dalam jaringan penilaian dan diagnosis dalam pengobatan kanker karena skrining.

Pada sel hidup didalam tubuh kita (sel non-kanker dan kanker) menghasilkan zat-zat tertentu yang disebut metabolit. Sebenarnya, metabolit dapat membantu kita dalam merasakan energik, pertumbuhan, menghilangkan racun dan didalam bagian reproduksi. Setiap sel kanker pasti menghasilkan jenis biomarker yang bertindak sebagai sidik jari. Sifat metabolit kanker berbeda dari metabolit sel normal karena sel kanker memiliki metabolisme yang diregulasi. Oleh karena itu, MasSpec Pen akan menganalisis biomarker ini dalam label molekuler tanpa menyebabkan kerusakan seluler atau jaringan apa pun. Dengan menggunakan perangkat lunak penggolong statistic maka biomarker dapat langsung dianalisis. Ketika MasSpec Pen analisis selesai dalam 10 detik, spektrum massa akan muncul dalam layar komputer dan memberikan informasi berlabel sebagai "Normal" atau sel "Kanker". Pada penggunaan alat canggih ini, ada sebuah metode yang bisa mendeteksi kanker dengan sebutan Frozen Section Analysis selama 30 menit atau lebih untuk menuju proses pengambilan sampel. Hebatnya, 10-20 % kasus kanker bisa terdeteksi walaupun sel kanker ini membeku.

Dimasa depan nanti, penggunan MasSpec Pen ini dapat membantu para dokter di dunia dalam menangani penyakit yang mematikan ini yaitu kanker. Harapan untuk mengurangi jumlah angka kematian akibat kanker dapat terselesaikan dengan penggunaan alat canggih tersebut. ( mcn )

 

Sumber :

https://biomedres.us/pdfs/BJSTR.MS.ID.000397.pdf

Medinfo

Medinfo

Mahasiswa IT angkatan 2016

E-Mail: medinfo.himit@gmail.com

Komentar