Mahasiswa Semester Akhir D3 dan D4 Teknik Informatika ikut Menyemarakkan Final Project Competition.

 Final Project Competition Ajang Adu Tugas Akhir Mahasiswa

 

Memasuki bulan Agustus, Mahasiswa tingkat akhir D3 dan D4 Teknik Informatika ikut menyemarakkan kegiatan FPC (Final Project Competition). FPC merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) untuk mengapresiasi karya final project mahasiswa tingkat akhir dari seluruh bidang studi yang dikemas dalam bentuk kompetisi. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Pascasarjana lantai 6 kampus PENS dan berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 1 Agustus untuk mahasiswa D3 dan tanggal 2 Agustus untuk mahasiswa D4.

“Selain untuk kompetisi antar mahasiswa, acara ini juga bermanfaat bagi mahasiswa tingkat 1, 2 dan yang  mau tingkat akhir untuk bisa tahu apa aja sih TA mas mbaknya, buat pandangan nanti ngambil  TA kedepannya. Kita juga jadi tahu final project masing-masing jurusan itu seperti apa” terang Irena, mahasiswi D3 Teknik Informatika yang juga turut andil dalam kegiatan tersebut.

Selain merupakan kegiatan tahunan, Final Project Competition juga merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti seluruh mahasiswa tingkat akhir Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan merupakan salah satu syarat untuk lulus revisi sidang PA (Proyek  Akhir).

Banyak karya yang dihasilkan oleh mahasiswa Teknik Informatika PENS mulai dari software hingga hardware. Salah satunya adalah feature selection in high dimensional data using bacterial foraging optimization algorithm, yang merupakan aplikasi seleksi fitur pada dataset yang berdimensi tinggi karya Fitriani, mahasiswi D4 Teknik Informatika. Selain itu juga terdapat aplikasi berbasis Chatbot Line dengan metode text mining karya Rahayu Peni, mahasiswi D3 Teknik Informatika yang dimana aplikasi ini digunakan dalam pembelian produk-produk online.

“Kita mulai persiapan untuk acara ini setelah selesai sidang PA, walaupun Cuma 4 hari tapi bisa selesai juga karena kita tinggal buat poster pendukung aplikasi saja. Ikut FPC itu banyak manfaatnya, saya  bisa tau gimana sih proyek akhir milik jurusan lain. Akhirnya bisa bedain gimana urgensitas tiap proyek akhir juga” terang Rahayu Peni

Banyak manfaat yang bisa didapat dari perhelatan acara Final Project Competition kemarin, secara tidak langsung mahasiswa tingkat 1 dan 2 bisa mendapatkan gambaran proyek akhir yang akan dibawa kedepannya. (tra)

Medinfo

Medinfo

Mahasiswa IT angkatan 2016

E-Mail: medinfo.himit@gmail.com

Komentar