Kemenangan Bagi Indonesia pada Cabang Olahraga Baru dalam Perhelatan Asian Games 2018

Hai readers !!!

Kalian tentu sudah menyaksikan setiap perlombaan pada Asian Games 2018 kan ?

Yuk, kepoin seputar atlet-atlet Indonesia yang meraih kemenangan dalam cabang olahraga baru di turnamen se-Asia tahun ini di Jakarta – Palembang !

Sebelumnya, apa itu Asian Games ?

            Pesta Olahraga Asia atau Asian Games merupakan ajang pertandingan olahraga yang diadakan setiap empat tahun sekali, dengan diikuti oleh atlet-atlet dari seluruh Asia dan diselenggarakan oleh Dewan Olimpiade Asia. Ada berbagai macam cabang olahraga yang dipertandingkan seperti bola basket, sepak bola, panahan, tinju, softball, tenis meja, badminton, dan lain-lain. Tentunya setiap negara memiliki tujuan yang sama dalam kegiatan Asian Games yaitu kemenangan dalam memperebutkan medali eman, perak, dan perunggu.

            Tahun ini, pelaksanaan Asian Games 2018 bertempat di negara Indonesia yaitu Jakarta – Palembang. Pastinya hal ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi rakyat Indonesia sekaligus kita bisa memperkenalkan negara tercinta betapa indah dan menakjubkannya. Selain itu, Indonesia sebagai tuan rumah berhak menambahkan tiga cabang olahraga baru. Namun, tidak terasa pelaksanaan Asian Games telah berakhir pada 2 September 2018. Meski Indonesia tidak menjadi juara umum dalam kompetisi se-Asia tersebut, kita tetap harus bangga terhadap para atlet Indonesia. Berikut adalah beberapa cabang olahraga baru yang berhasi dimenangkan oleh atlet-atlet Indonesia yaitu :

1. Pencak Silat

Cabang olahraga ini baru dimasukkan dalam daftar perlombaan di Asian Games 2018. Selain itu, Indonesia sukses menambah medali emas dari cabang olahraga pencak silat tunggal putri oleh Puspa Arumsari pada Senin, (27/8/2018). Puspa sukses meraih poin tertinggi yaitu 467. Perolehan tersebut berada jauh diatas para atlet pencak silat lainnya. Adapun peraih medali perak yaitu Nurzuhaira Mohammad Yazid dari Singapura dengan total 445 poin. Sedangkan medali perunggu sukses diraih oleh Cherry May Regalado asal Thailang dengan perolehan 444 poin. Selain itu, Anggi Faisal, Asep Yuldan Sani, dan Nunu Nugraha dan Wewey Wita ikut memberikan kemenangan bagi Indonesia. Kini, Indonesia berhasil menjadi juara umum Pencak Silat di Asian Games 2018 dengan mengantongi 14 medali emas dan 1 perunggu dari 16 nomor pertandingan. 

2. Panjat Tebing

Olahraga ini identic dengan dengan alam bebas dan tebing-tebing yang curam sekaligus berbahaya. Tentunya para atlet diadu kecepatan dalam mencapati puncak tertinggi yang telah ditentukan. Kali ini, Susanti berhasil memeperoleh medali emas setelah mengalahkan rekan senegaranya yaitu Puji Lestari di babak final yang berlangsung sangat ketat dan menegangkan. Dalam duer pertandingan tersebut, Susansti mampu mencatat waktu tercepat 7,61 detik. Sedangkan, medali perunggu diperoleh Cuilian He asal Tiongkok.

3. Paralayang

Perlombaan ini berhasil menambahkan perolehan emas bagi Indonesia yang diraih oleh Jafro Megawanto. Dia menjadi yang terbaik di nomor ketepatan mendarat putra yang digelar di Gunung Mas Puncak, Jawa Barat. Sedangkan medali perak diraih oleh Jirasak Witeetham asal Thailand dan medali perunggu diraih oleh Lee Chulsoo asal Korea Selatan.

4. Jet Ski

Perolehan medali emas ke-12 pada (26/08) bagi Indonesia berasal dari cabang olahraga jet-ski oleh Aqsa Sutan Aswar yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak dibandingkan dengan atlet-atlet jet-ski lainnya. Selain itu, Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar juga ikut menorehkan kemenangan dengan medali perak dan perunggu.

5. Bridge

Kali ini, cabang olahraga baru bridge berhasil meraih dua medali perunggu di dua nomor perlombaan berberda yakni Mixed Team dan Supermixed Team. Pada pertadingan tersebut Mixed Team terdiri dari enam orang atlet diantaranya yaitu Lusje Olha Bojoh, Julita Grace Joice Tueje, Marcella Elvitta Chyntia Lasut, Robert Parasian, Taufik Gautama Asbi dan Bill Roland George Mondigir. Sedangkan, Supermixed Team terdiri dari atas atlet tertua sekaligus terkaya di Indonesia yakni Bambang Hartono, Bert Toar Polii, Franky Steven Karwur, Jemmy Boyke Bojoh, Rury Andhani dan Conny Eufke Sumampouw.

           Wahhh, keren yaaa atlet-atlet Indonesia. Tetap dukung terus para atlet yang mengagumkan dan membanggakan negara kita. Semoga mereka berhasil membawa kemenangan di setiap cabang olahraga di Asian Games di tahun 2022 nanti. Aku bangga jadi anak Indonesia. ( mcn/tra )

Medinfo

Medinfo

Mahasiswa IT angkatan 2016

E-Mail: medinfo.himit@gmail.com

Komentar