IOT & WSN BOOTCAMP dengan Tema Internet of Things for Smart Farming

            Halo sobat HIMIT …

            Kali ini, PENS mengadakan sebuah kegiatan yakni IOT & WSN BOOTCAMP. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan pada waktu dan tema yang berbeda sebagai berikut :

  1. Internet of Things for Smart Farming (10 Mei 2019)
  2. Microservices Architecture in Internet of Things Ecosystem (17 Mei 2019)
  3. Visualization using Vue JS (24 Mei 2019)

          Pada Jum’at (10/5), kegiatan tersebut telah diadakan di Lab. EWSN PS-05.13 Gedung Pascasarjana PENS pada pukul 15.00 WIB  – 17.00 WIB bersama narasumber dari mahasiswa teknik informatika angkatan 2015 dengan topik dari tugas akhir yang tengah dikerjakannya.

            “Saya terinspirasi dari mahasiswa Teknik Komputer sehingga topiknya sama yakni deteksi terhadap penyakit sapi. Namun, sedikit berbeda karena topiknya hanya sampai pada monitoring saja. Sebenarnya, dulu saya tidak mau membuat alat jadi hanya akan mengembangkannya. Akan tetapi, dosen pembimbing memberikan saran agar membuat alatnya. Sehingga, saya mempelajari tentang Internet of Things dan juga menambahkan sistem pakar pada alatnya”, ungkap  Faruq Fadhil (IT PENS 2015). “ Tujuan saya mengambil topik ini yaitu pertama, biasanya mahasiswa IT takut mempelajari tentang IoT itu sendiri. Bahkan mahasiswa IT angkatan 2015 jurusan D4, tidak ada yang mengambil judul TA (Tugas Akhir) tentang IoT kecuali saya karena topik ini tidak diajari. Sebelumnya saya juga takut. Tetapi, apabila kita punya kemauan yang kuat pasti bisa nantinya. Dulu ada mahasiswa jurusan D3 Teknik Informatika, hanya jangka waktu selama 6 bulan masih bisa membuatnya yang lebih kompleks dari punya saya. Seperti yang diketahui, kita memang tidak bisa membuat alat sendiri seperti mahasiswa elektronika, dan sebagainya. Namun, saat ini sudah banyak modul dari internet yang bisa dipelajari. Dan kita hanya memindahkannya dari modul tersebut ke dalam program. Jadi, kalian juga pasti bisa nantinya apabila ingin mengambil topik IoT. Kedua, kita juga ingin mengenalkan Lab. EWSN (EEPIS Wireless Sensor Network Research) kepada teman-teman. Dimana laboratorium ini juga bisa digunakan untuk pengerjaan projek atau TA tentang jaringan dan lain-lain bersama dosen pembimbing seperti Pak Iwan, Pak Udin dan dosen-dosen lainnya”, tambahnya.

            Dalam kegiatan ini, Mas Faruq menjelaskan bagaimana sistem IoT yang dibuatnya bisa bekerja dengan baik di peternakan sapi. Dimana alat tersebut dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit sapi dengan dibantu adanya teknologi sensor. Wahhh… keren banget, kan ? Tertarik dengan dunia Internet of Things ?

            Sekian artikel kali ini, sampai jumpa lagi. (mcn)

Medinfo

Medinfo

Mahasiswa IT angkatan 2016

E-Mail: medinfo.himit@gmail.com

Komentar

Kirim Komentar